Makna, Hukum, dan Faedah dari Melaksanakan Aqiqah yang Perlu Anda Ketahui

Makna, Hukum, dan Faedah dari Melaksanakan Aqiqah yang Perlu Anda Ketahui – Untuk pemahaman aqiqah sendiri yaitu adalah bentuk syukur kita pada Allah SWT atas kelahiran buah hati dengan selamat dan sehat. Umumnya aqiqah dilaksanakan tujuh hari sesudah kelahiran anak dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing. Jumlah hewan yang disembelih tentu saja tidak sama, untuk anak laki-laki diharuskan menyembelih 2 ekor kambing, sedang untuk anak perempuan cukup 1 ekor kambing.

Untuk hukum aqiqah sendiri ialah sunnah, jadi tidak wajib bagi tiap orangtua untuk melakukan aqiqah terkecuali bagi orangtua yang telah bernadzar akan melaksanakan acara aqiqah saat anaknya lahir.

Sesudah membahas mengenai pemahaman dan hukum, dikesempatan ini kami akan mengulas ketetapan aqiqah. Apa saja ketetapan dalam melaksanakan aqiqah?

Hewan ternak yang disembelih harus berupa kambing atau domba. Di sini hewan ternak dianjurkan minimum harus berusia enam bulan atau dewasa, jadi benar-benar tidak disarankan untuk menyembelih hewan ternak dengan usia di bawah enam bulan.

Untuk anak laki-laki diharuskan menyembelih dua hewan ternak, sedangkan untuk anak perempuan cukup satu hewan ternak. Sebelum diberikan pada tetangga, fakir miskin, atau saudara dekat, daging harus dibuat terlebih dulu dengan masak. Untuk orangtua yang melakukan aqiqah bisa menyicip sedikit bagian dari aqiqah itu, terkecuali buat orangtua yang telah bernadzar atau janji.

Manfaat dari Melakukan Acara Aqiqah

Untuk manfaat sendiri tentu saja benar-benar banyak, serta di bawah ini beberapa faedah yang perlu teman-teman kenali dari melakukan acara aqiqah.

  • Kita otomatis sudah mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Ikuti Sunnah Rasulullah Muhammad SAW
  • Untuk bentuk syukur kita pada Allah SWT atas lahirnya buah hati dengan selamat dan sehat
  • Otomatis mengajari diri untuk berbagi pada sesama, baik itu kepda tetangga, saudara atau fakir miskin
  • Mengajak orangtua untuk mendidik serta membina buah hatinya menjadi anak yang shaleh serta shalehah

Penerapan Aqiqah

Untuk penerapan aqiqah sendiri sama yang ksmi sebutkan di atas yaitu sunnah di hari ke-7 dari anak dilahirkan. Bagi orangtua yang dapat atau mungkin dengan kata lain perekonomian mencukupi benar-benar disarankan untuk melakukan aqiqah selekas mungkin, buat orangtua yang tidak dapat melakukan aqiqah tidak apa-apa tidak melakukan aqiqah.

Info Jasa Aqiqah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *