Tips Memilih Kambing Aqiqah sesuai Syariat Islam

Tips Memilih Kambing Aqiqah sesuai Syariat Islam – Dalam artikel ini kita akan mengkaji beberapa tips yang harus kamu tahu untuk memilih kambing aqiqah.

Aqiqah dapat disebut sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak kita. Sesungguhnya, aqiqah juga dapat dilaksanakan dengan menyembelih domba, sapi, atau unta. Tetapi, kambing yaitu pilihan yang kerap kita temui di Indonesia.

Tips Memilih Kambing Aqiqah sesuai Syariat Islam

 

Adapun hadits yang menjadi dasar pelaksanaan aqiqah antara lain:

“Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiap-tiap anak itu ada ‘aqiqahnya. Maka sembelihlah binatang ‘aqiqah untuknya dan buanglah kotoran darinya (cukurlah rambutnya)’“. [HR. Bukhari juz 6, hal. 217]

Apabila ini yaitu pengalaman pertama kamu mempunyai anak, kemungkinan akan ada banyak pertanyaan terkait aqiqah. Termasuk seperti apa kambing yang patut untuk dipilih. Tidak usah bingung dikarenkan memang memilih kambing aqiqah itu cukup mudah, terlebih sekarang ini ada banyak penawaran paket penyelenggaraan aqiqah langsung maupun via internet.

Untuk memilih kambing aqiqah, anda dapat melihat point utama berikut ini

Ciri-ciri Kambing atau domba yang memenuhi syarat untuk disembelih dan dipakai untuk hewan aqiqah

a. Cukup usia
b. Sehat,
c. Tidak cacat,
d. Tidak ada bagian {tubuh|badan] yang terpotong,

Segi Kesehatan Kambing dan Domba

Pilih Domba atau kambing yang sehat dengan ciri-ciri berikut ini :

1.Kambing yang sehat terlihat menawan
2.Pergerakan lincah
3.Penglihatan tajam dan jernih
4.Nafsu makan tinggi
5.Volume makan banyak dan berselera
6.Kulit kenyal dan padat
7.Bulu tubuh halus dan rata terkecuali untuk kambing jenis domba yang bulunya gimbal
8.Pernapasan teratur, dan pembuangan kotorannya normal.

Selain itu, kambing potong berdaging yang baik punya ciri-ciri seperti berikut :

Tubuh dan telinga panjang sesuai jenis kambing. Ciri-khas ini umumnya punya daging yang padat dan gemuk. Jika pada punggung ada bagian yang menonjol ketika dipegang (tidak sampai kena tulang), Kambing itu benar-benar mempunyai banyak daging. Jika dipegang di punggung ternyata langsung menyentuh tulang maka dapat dibilang kambing itu kurus.

Apabila gigi susu telah ganti dengan gigi besar (poel) sedikitnya sekitar dua gigi, berarti kambing itu sudah memenuhi syarat untuk disembelih lantaran umurnya sudah di atas satu tahun,sudah cukup usia Kondisi badan sehat, gesit, tubuh bersih, dan tidak ada kotoran , dibulu dubur.
Khusus untuk Hewan Kambing yang akan disembelih berusia berumur 1-3 tahun, sehat, tidak cacat (buta, sumbing, atau sobek telinga), gagah, buah zakar normal (dua kantung zakar sama besarnya), aktif, nafsu kawinnya besar, keadaan prima, dan tidak berada dalam kondisi lelah atau lapar,dan untuk aqiqah kambing harus jantan.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda, jika anda ingin melaksanakan aqiqah bisa kunjungi kami klik www.abusalmanaqiqah.com